Sabtu, 04 September 2010

BELAJAR BAHASA KOREA

Senang bertemu anda만나서] 반갑습니다[man na seo] pan gap seub ni da
Terima kasih (informal) 감사해[요]
고마워[요]
kam sa hae yo
go ma weo [yo]
Terima kasih (formal)고맙습니다
감사합니다 
goh map seub ni da
kam sa ham ni da 
maafkan saya (formal)죄송합니다chwe song ham ni da
maafkan saya; maaf (informal)미안해[요]mi ahn hae [yo]
tidak, terima kasih; tidak apa2;아니오, 괜찮아요ah ni oh, kwaen chan nah yo
tidak apa2; terima kasih kembali 괜찮아[요]kwaen chan nah [yo]
Aku mencintaimu사랑해요sarang hae yo



Saya mengerti (formal)알겠습니다al get seub ni da
saya mengerti (informal)
(dengan teman,etc: digunakan saat marah / kesal)
아랐어[요]ah rat seo [yo]
Oh, sungguh?; begitukah?그래요?keu rae yo?
sungguh; begitu그래요keu rae [yo]









Iya
.
Ne.
Tidak
아 니요.
Aniyo.
Terima Kasih.
감 사합니다(F)
Kamsahamnida. (F)
Saya Minta Maaf.
미 안합니다(F)
Mianhamnida. (F)










KATA-KATA INI SERING MUNCUL DI LIRIK LAGU 


Romanisasi - Korea - Arti


Ah jik / A chik아직Masih; belum
Deulpartikel kalimat; tanda subyek; penanda jamak
Ee / IIni; sekarang; waktu ini
Ee jae / I jaen이제Sekarang; kini
Eon che na / Uhn jae na언제나senantiasa
EuiPartikel milik
GaPartikel kalimat
Geu reh그래ok; baik
Geu rut ke / Keu ruh keh그렇게Seperti itu; dengan begitu
Ha ji man / Ha chi man하지만tapi
Haeng pok / Haeng bok행복Gembira; kebahagiaan
Haet ji man / Haet chi man햇지만Mengerjakan(waktu lampau; past tense)
Ham keh (hae)함께( 해)(untuk) bersama
Ee reoh keh이렇게Seperti ini; dengan cara ini
Is suh / Is sio (yo)있어(요)Ada; punya(tambahan yo = lebih sopan)
Kah keum가끔Sekali-sekali; kadang-kadang
Keu Nyang그냥Dengan begitu; tetap seperti itu, cuma
Mi ahn (hae)미안(해)maaf
Mo Deu / Mo Doo모두Setiap; tiap-tiap
Mo Deun Geh/Gul모든걸Segala sesuatu; segalanya
NaSaya/aku
Na eui / Nah Yeh나의Milik/punya saya(saya + partikel milik)
Nae gah내가Saya/aku(lebih ada penekanan daripada ‘na’)
Neo / Nuh / NohAku(informal)
Neo eui / Noh Yeh너의Milikmu(kamu + partikel milik)
NeunPartikel kalimat; tanda subyek
Ni gah니가Kamu(lebih ada penekanan daripada ‘noh’)
Oo ri우리Kita/kami
Opp suh / Eop seo (yo)없어(요)Tidak ada(tambahan yo = lebih sopan)
Pammalam
Reul / Eul를 / 을Partikel kalimat; tanda benda/subyek
Sarang사랑cinta
Sa ram사람orang
Seh sang세상dunia
Sok eh / soh geh속에Didalam(untuk gelap dan diruang lingkup yg kecil)
Ship puh / Ship peo싶어Ingin/ingin melakukan
Tang Shin / Dang Sin당신Kamu(formal
WaeMengapa/kenapa
Wi hae위해Untuk
Yong seo (hae) / Yong suh (hae)
용서(해)memaafkan
Yong won영원abadi
Yong won ee/ Yong won hi영원이Selalu; selamanya


Angka
Hangul
Romanisasi
1
일 (하나)il (hana)
2
이 (둘)ee (tul)
3
삼 (셋)sam (set)
4
사 (넷)sa (net)
5
오 (다섯)oh (tasot)
6
육 (여섯)yuk (yosot)
7
칠 (일곱)ch’il (ilgop)
8
팔 (여덟)p’al (yodolp)
9
구 (아홉)gu (ahop)
10
십 (열)ship (yol)
11
십일 (열하나)ship-il (yol-hana)
12
십이 (열둘)ship-ee (yol-tul)
13
십삼 (열셋)ship-sam (yol-set)
14
십사 (열넷)ship-sa (yol-net)
15
십오 (열다섯)ship-oh (yol-tasot)
16
십육 (열여섯)shim-yuk (yol-yosot)
17
십칠 (열일곱)ship-ch’il (yol-ilgop)
18
십팔 (열여덟)shi-p’al (yol-yodolp)
19
십구 (열아홉)ship-gu (yol-ahop)
20
이십 (스물)ee-ship (sumul)
30
삼십 (서른)sam-ship (sorun)
40
사십 (마흔)sa-ship (mahun)
50
오십 (쉰)oh-ship (shween)
60
육십 (예순)Yuk-ship (yesun)
70
칠십 (이른)ch’il-ship (irun)
80
팔십 (여든)p’al-ship (yodun)
90
구십 (아흔)gu-ship (ahun)
100
Baek
200
이백ee-baek
1,000
ch’eon
10,000
Man
100,000
십만ship-man
1,000,000
백만baek-man


HURUP VOKAL 


KONSONAN 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar